Home | broadcast | Masa Lalu, Masa Sekarang, Masa Depan

Masa Lalu, Masa Sekarang, Masa Depan

Masa Lalu, Masa Sekarang, Masa Depan

Teman-teman, sekarang saya pingin ngobrolin tentang MASA, atau dikenal dengan WAKTU. Alloh pun juga sudah ngingetin tentang waktu ini, di dalam surat Al ‘Ashr.

Masa sekarang, adalah yang sedang kita alami saat ini, yang sedang kita lakukan sekarang ini. Itu namanya Masa Sekarang.
Masa Lalu, adalah segala hal yang sudah terjadi.
Mada Depan, adalah segala hal yang belum terjadi.

Yang perlu direnungi adalah…
seringkali… Kita berada di masa lalu dan masa depan. Padahal, badan kita ada di Masa sekarang.

Seperti ketika sedang sholat. sesekali Anda memikirkan:
“tadi, kunci motor saya taruh di mana ya”
“nanti setelah sholat, saya mau ke rumah temen dulu aja”
“oh iya, nanti mau ke sekolah anak, ambil rapot, naik kelas ndak ya”
“suamiku gak bisa ngerti’in aku. semua yang kulakuin dianggap salah”
“aduh, pintu rumah belum saya kunci”
“akhirnya dapet ide nih. Ternyata sholat bisa bikin dapet ide juga ya”

Begitulah kondisi kita. Seringkali berada di masa lalu dan masa depan.
Padahal, salah satu SUMBER PENDERITAAN adalah menyesali masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan.

Sebenarnya, di dalam sholat, Alloh mengajarkan kita untuk bisa fokus pada masa sekarang. Luangkan waktu Anda ketika sholat untuk berdekatan dengan Alloh. Luangkan waktu beberapa meniiiit saja. Ketika sholat, pikirin Alloh saja. Gak usah mikirin yang lain. Ketika sholat pun, kadang lupa ada kalimat “iyyaaka na’budu, wa iyyaaka nasta’iin” Hayo… inget ndak…? “Hanya kepada-Mu kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan”. Iya to… kamu tuh lagi sholat. Malah mikirin kunci, mikirin suami serong, mikirin rapot anak takutnya gak naik kelas. Mikirin nanti keluar masjid lewat mana?

Begitu juga dengan EMOSI ANDA SAAT INI.
Coba deh, Ketika ada masalah di keluarga Anda.
Ketika itu Anda sedang memotong sayuran. Tapi kenapa Anda mikirin kemarahan suami? Kenapa Anda mikirin hal-hal yang sudah terjadi tadi?
Bukankah bisa lebih enak, kalo Anda mikirin “Bahwa Anda sedang asyik memasak, ketika masak pun bisa sambil berdzikir”

Anda seorang bapak, sedang mencuci motor. Ketika mencuci, kepikiran “Anak saya koq kayak gini, bandel, gak mau sekolah, bertato, sering membantah. Dia sudah besar gimana nanti kalo sudah berkeluarga”
kenapa pikiran Anda begitu khawatirnya dengan masa depan? Bukankah Anda sedang mencuci motor? Kenapa Anda begitu khawatir? “saya malu, kalo nanti ketemu orang, sedangkan anak saya seperti preman” STOP. Daripada mikirin yang aneh-aneh. Mendingan kan, sambil nyuci motor, sambil dzikir.

Masa lalu, biarlah berlalu, terimalah. Perbaiki semampunya.
Masa depan, hanya Alloh yang tahu. Pasrahkan aja sama Alloh. Biar Alloh yang ngatur.

KARENA… segala hal yang Anda khawatirkan dari MASA LALU dan MASA DEPAN, tidak seburuk yang Anda pikirkan

===

Bila setelah membaca ini, Anda masih terlalu memikirkan MASA LALU YANG SURAM, dan MASA DEPAN YANG HANCUR.
silakan datang ke tempat saya.
silakan simpan nomor kontak saya. Dan berikan kepada yang lebih membutuhkan.

AZMI YUDIANTO.SOLO
085728000074
http://sayasefter.com

About SEFTER.ID

Check Also

Masalah Pasien yang Pernah Saya Terapi

Masalah Pasien yang pernah saya terapi Ini adalah beberapa kondisi masalah pasien yang pernah saya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *